IMIP WEB

Electric Vehicle Battery tersusun dari beberapa bagian dan material. Terdapat empat bagian yang tersusun dalam konstruksi sel baterai, diantaranya anoda, katoda, separator dan elektrolit. Anoda dan katoda merupakan elemen berupa ion positif dan ion negatif yang menghasilkan muatan arus listrik positif dan negatif. Pada baterai lithium-ion, anoda terbuat dari grafit (karbon). Sedangkan katoda terbuat dari elemen kimia lithium disertai material nikel, kobalt dan mangan.

EV Battery adalah klaster ketiga yang dimiliki oleh Kawasan Industri IMIP. Klaster pendukung EV Battery ini dibangun untuk mendukung program energi bersih dan terbarukan yang digagas oleh pemerintah.

Klaster ini memproduksi sekitar 93.000 metric ton per tahun MHP (Mixed hydroxide Precipitate), 250.000 metric ton per tahun Electrolytic Aluminium, 230.000 metric ton per tahun graphite, 60.000 metric ton per tahun lithium hydroxide, 50.000 metric ton per tahun electrolytic nickel, 95.000 metric ton per tahun electrolytic manganese, dan 20.000 metric ton per tahun lithium carbonate.